Shalat
Asal manak sahlat menurut bahasa Arab ialah “do’a”tetapi
yang dimaksud disini ialah “ibadat yang tersusun dari beberapa perkataan dan
perbuatan yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam dan memenuhi beberapa
syarat yang ditentukan.
Salat
fardu (salat lima waktu).
Salat yang diwajibkan bagi
tiap-tiap orang dewasa dan berakal ialah lima kali sehari semalam . Mula-mula
turunnya perintahun Hitjerah tah wajib salat itu ialah pada malam isra’setahun
sebelum.
Yang
sunat dilakukan sebelum salat.
1.
Azan.
Asal
mula Azan ialah “memberitahuka”. Yang dimaksub disini ialah “memberitahukan
bahwa waktu salat telah tibah dengan lafat yang telah ditentukan oleh
syarah”Dalam lafat Azan itu dapat pengertian yang mengandung pengetian beberapa
maksud penting yaitu:sebagai aqidah, seperti adanya Allah yang Mahabesar
bersipat Esa, tidak ada sekutu baginya serta
menerangkan bahwa Muammadadalah utusan Allah yang cerdik dan bijak sana
unttuk menerima waktu dari Allah
2.
Iqamah.
Yaitu
pemberitahuan kepada hadirin supaya siap berdiri untuk salat Sebagian ulama berpendapatAzan
dan iqamah itu adalah radu kifayah karena keduanya menjadi isyarah islam.
Syarat-syarat
wajib salat lima waktu
1.
Isalm.
2.
Suci.
3.
Berakal.
4.
Balik.
5.
Telah sampai dakwah(perintah Rasullullah
saw kepadanya)
6.
Melihat dan mendengar.
7.
Jaga(tidak tertidur)
Syarat-syarat
sah salat.
1.
Suci dari hadas besar dan kecil.
2.
Suci badan, pakaiyan, dan tempat dari
najis.
3.
Menutup aurat.
4.
Mengetahui masuknya waktu salat.
5.
Menghadap ke kiblat (kabbah)
Rukun
Salat
1.
Niat.
2.
Berdiri bagi orang yang kuasa .
3.
Takbiratul ihram(membaca Allahu Akbar)
4.
Membaca surah Alfatiha.
5.
Ruku serta tuma-ninah (diam sebentar)
6.
I’tidal serta tuma, ninah.
7.
Sujub dua kali serta tuma-ninah.
8.
Duduk antara dua sujub serta tuma –ninah.
9.
Duduk akhir.
10.
Membaca tasyahud akhir.
11.
Membaca salawat atas Nabi Muhammad saw.
12.
Memberi salam yang pertama (ke kanan)
13.
Menertipkan rukun.
Sunah-sunah
salat.
1.
Mengangkat kedua tangan ketika
takbiratuh ihram sampai tinggi ujung jarisejajar dengan telingah telapak tangan
seinggi bahu,keduanya dihadapkan ke kiblat.
2.
Mengangkat kedua tangan ketika akan
ruku,ketika berdiri dari tasyahud awal dengan cara yang telah diterangkan pada takbiratul ihram.
3.
Meletakkan telapak tangan di atas
punggung tangan kiri dan keduanya diletakkan di bawa dada.
4.
Melihat kearah tempat sujud selain pada
waktu membaca.
5.
Membaca do’a iftitah.
6.
Membaca a,uzubillah sebelum membaca bismillah.
7.
Membaca amin setelah membaca Al-fatiha.
8.
Membaca surat atau ayat Qur’an bagi imam
atau orang yang salat sendiri sesudah membaca Al-Fatiha pada dua rakaat yang
pertama (ke 1 dan ke 2)
9.
Sunat bagi makmum mendengarkan bacaan
imamnya.
10.
Mengeraskan bacaan pada salat subuh dan
pada duarakaat yang pertamapada salat magribdan isyah begitu juga salat jum’at,
hari raya ,terawih, dan witir dalam bulan ramadan .
11.
Takbir takkala turun dan bangkit, selain
ketika bangkitdari ruku.
Hal-hal
yang membatalkan salat.
1.
Meninggalkan salah satu rukun dan syarat
.
2.
Sengaja berbicara.
3.
Banyak bergerak.
4.
Makan dan minum.
Sujud
sahwi.
Sebab-sebab sujub sahwi.
1.
Ketinggalan tasyahud pertamaatau
ketinggalan kunut.
2.
Kelebihan rakaa, ruku, atau sujud karena
lupa.
3.
Karena syak(ragu)tentang jumlah rakaat
yang telah dikerjakan
4.
Apabila kurang rakaat salat karena lupa.
Sujud
tilawah.
Sujub tilawah artinya sujub
bacaan .Disunahkan sujud bagi orang yang membaca ayat-ayat Sajadah ,begitu juga
orang yng mendengarnya .Apabila orang yang membacanya sujud, maka yang
mendengar atau makmum sujud pula ;tetapi apabila yang membacanya tidak sujud ,
yang mendengar tidak disunah kan sujud pula.
Rukun
sujud tilawah.
1.
Niat.
2.
Takbiratul ihram.
3.
Sujud.
4.
Memberi salam sesudah duduk.
Syarat-syarat
sujud tilawah.
Syarat-syarat
sujud tilawah sebagaimana syarat salat ,seperti suci dari hadas dan najis,
menghadap ke kiblat ,serta menutup aurat
Sujud syukur.
Artinya
sujud terima kasih karena mendapat nikmat karena terhindardari bahayakesusahan
yang besar.
Perbandingan
sujud tilawah dengan sujud syukur.
1.
Syarat dan rukun keduanya sama, tetapi
para ulama berselisih pendapat dalam hal syarat dan rukun kedua macam rukun itu
.
2.
Kedua sujud itu hanya dilakukan satu
kali
3.
Sujud tilawah disunatkan dalam sahlat
dan diluar salat sedangkan sujud syukur hanya disunatkan diluar salat , tidak
boleh dilakukan dalam salat.
Salat
berjamaah.
Apabila
dua orang salat bersama-sama dan salah seseorang diantara mereka mengikuti yang
lain ,kedua dinamakan salat berjamaah .
Hukum
salat berjamaah.
Sebagian
ulama mengatakan bahwa salat berjama itu adalah fardu’ain (wajib ain)Sebagian berpendapat bahwa salat berjamaah itu
fardu kifayah dan sebagian lagi berpendapat sunah Muakad(sunah istimewah)Yang akhir inilah hokum yang lebih layak.
Kecuali jum’ bagi salat jum’at. Menurut kaidah persesuaian beberapa dalil dalam
masalah ini serperti yang telah disebutkan diatas , pengarang Nailul Autar berkata ,” Pendapat yang
seadil-adilnya dan lebih dekat kepada yang betul ialah salat berjamaah itu sunat
Muakkad.
Syarat-syarat
sah mengikuti imam
1.
Makmum hendaklah berniat mengikuti imam.
2.
Makmum hendaklah mengikuti imam dalam
segala perkeerjaannya.
3.
Mengetahui gerak gerik perbuatan imam
4.
Keduanya berada satu tempat.
5.
Tempat berdiri makmm tidak boleh lebih
dari pada imam
6.
Imam tidak boleh mengikuti yang lain
7.
Aturan salat makmum dengan salat imam
hendaklah sama.
8.
Laki-laki tidak boleh mengikuti
perempuan.
9.
Keadngaan imam tidak ummi, sedangkan
makmum qari( imam itu hendaklah baik bacaan nya)
10. Makmum
hendaklah jangan mengikuti imam yang salah salat nya.
Salat
qasar dan jamak
Salat qasar yaitu
yang diringkas bilangan rakaatnya yaitu diantara salat fardu yang lima yang
mesatinya empat rakaat dijadikan dua rakaat .salat lima waktu yang boleh di
qasar hanya loror, asar, dan isya adapun magibdan subuh tetab sebagaimana biasa
tidak boleh di qasar
Hubungan Salat
qasar dalam Mazab Syafii harus boleh bahkan lebih baik bagiorang yang dalam
perjalanan serta cukup syarat-syarat.
Syarat
sah salat qasar.
1.
Perjalanan yang dilakukan itu bukan
perjalanan maksiat (terlarang) seperti pergi haji, silaturhmi, au berniaga, dan
sbg.
2.
Perjalanan it berjarak jauh,
sekurang-kurangnya 80,640 km aketingtu lebih (perjalanan sehari semalam.
3.
Salat yang di qasar itu ialah salat adaan (tunai) bukan salat yang
ketinggalan diwaktu dalam perjalanan, boleh di qasar kalau di qada dalam
perjalanan ; yang ketinggalan sewaktu mukmin tidak boleh di qada dengan qasar
sewaktu dalam perjalanan.
4.
Berniaga qasar ketika takbiraturl ihram.
Salat
yang harus dijamakan .
Salat yang boleh dijamakan
hanya antara lohor dengan asar ,dan antara magrib dengan isya sedangkan subuh
tetab wajib dikerjakan pada waktunya sendiri.
Salat jamak artinya
salat yang dikumpulkan. Yang dimaksubkan ialah dua salat farduyang lima itu,
dikerjakan dalam satu waktu .Umpamanya
salat lohor dan asyar dikerjakan
diwaktu lohor atau asar.
Jamak
takdim (dahulu)dan jamak ta-khir(terkemudian).
Jamak
taqdim ialah salat lohor dan asar yang dikerjakan di wakt
lohor, salat magrib dan isya dikerjakan diwakt magrib .Jamak ta-khir ialah salat
lohor dan asar yang dikerjakan diwaktu asar ;salat magrib dan isya dikerjakan
diwaktu isya.
Syarat
jamak taqdim.
1. Hendaklah
dimulai dengan salat yang pertama (lohor sebelum asar , atau magrib sebelum
isya), karena waktunya adalah waktu yang pertama.
2.
Berniat jamak agar berada dari salat
yang terdahulukarena lupa
3. Berturut-turut,
sebab keduanya seolah-olah satu salat.
Syarat
jamak ta-khir
Pada waktu yang pertama hendak boleh pula salat jamak taqdim karena hujan,
dengan syarat seperti yang telah disebutkan pada jamak taqdim .Disyarat kan
pula bahwa salat yang kedua itu berjamaah di tempat yang jauh dari rumah serta
ia mendapat kesukaran pergi ketempat itu karena hujan .
v Salat jum’at
Salat jum’at ialah salat dua rakaat
sesudah khotbah pada wakt lohor pada hari jum’at
v Hukum nya
Salat jum’at hukumnya pardu ain artinyawajib
atas setiap laki-laki dewasa yang beragama islam, mardeka, dan tetap didalam
negri . Perempuan ,kanak-kanak hamba sahaya dan orang yang sedang dalam
perjalanan tidakwajib salat jum’at
v Syarat-syarat wajib
jum’at
1.
Islam
2.
Balig
3.
Berakal
4.
Laki-laki
5.
Sehat
6.
Tetap dalam negri
v Syarat sah mendirikan
salat jum’at
1.
Hendak diadakan didalam negri yang
penduduknya menetap.
2.
Berjamaah
3.
Hendak dikerjakan diwaktu lohor.
4.
Hendaklah dilahului oleh dua khutbah.
v Khutbah jum’at
Rukun
dua khutbah jum,at
1.
Mengucapkan puji-pujian kepada Allah.
2.
Membaca selawat atas Rasulullah Saw.
3.
Mengucapkan syahadat
4.
Merwasiat
5.
Membaca ayat Qur’an pada salah satu dari
kedua khutbah.
6.
Berdoa untuk mukminin dan mukminat pada
khutbah yang kedua.
v Syarat dua khutbah.
1.
Kedua khutbah itu hendaknya dimulai sesudah tergelincir matahari
2.
Sewaktu berkhutbah hendaklah berdiri
jika mampu
3.
Khatib hendaknya duduk diantara kedua
khutbah sekurang-kurangnya berhenti sebentar
4.
Hendaknya dengan suara yang keras
kira-kira terdengar oleh bilangan yang sah jum’at mereka sebab yang dimaksub
dengan “mengadakan khutbah” itu ialah untk pelajaran dan nasehat kepada mereka.
5.
Hendaklah berturut-turut baik ukuran, jarak keduanya,
maupun jarak antara kedua dengan sahlat.
6.
Khatib hendaknya suci dari hadas dan
najis
7.
Khatb hendaknya menutup aurat.
v Sunah yang bersangkutan
dengan khutbah
1. Khutbah itu hendaknya dilkukan diatas mimbar
atau ditempat yang tinggi
2. Khutbah
diucapkan dengan kaliat yang pasih, terang, mudah dipahami, sederhana, tidak terlalu panjang, dan tidak pula terlalu
pendek.
3. Khatib
hendaknya tetap menghadap orang banyakjangan berputar-putar karena hal itu
tidak di syariatkan
4. Membaca
surat Al-iklas sewaktu duduk diantara dua khutbah
5. Menerbitkan
tiga rukun yaitu dimulai denga puji-pujian kemudian salawat nabi.
6. Pendengar
hendaklah diam serta memperhatikan khutbah. Haram hukumnya berbicara saat
khutbah.
7. Khatib
hendaklah member salam
8. Khatib
hendaklah duduk diatas mimbar sesudah memberi salam, dan sesudah duduk it ulah
azan di kumandangkan.
v Sunh yaaang
bersangkutan dengan jum’at
1. Disunah
kan mandi
2. Berhias
dengan memakai pakaian yang baik-baik
dan diutamakan memakai pakaiyan putih
3. Memakai
wangi-wangi
4. Memotong
kuku, kumis, dan menyisir rambut
5. Segera
pergi ke jum’at dengan berjzikir lan kaki
6. Hendaklah
ia membaca Qur’an at
7. Paling
baik ia membaca suratAl-kafi
8. Hendak
membanyk do’a dan salawat atas Nabi
v Uzur (halangan )jum’at
1.
Karena sakit
2.
Karena hujan
Ø Salat sunah
Yang
dimaksubkan salat sunah ialah semua salat selain salat fardu (salat lima
waktu), diantranya adalah :
1.
Salat
hari raya.
Hari
rayara islam ada dua.
a. Hari
raya idul Fitri yaitu pada setiap tanggal 1 bulan syawal
b. Hari
raya Haji, yaitu setiab tanggal 10 bulan Zulhitjah
Hokum
salat hari ray adalah sunah Muakkad(sunah
yang lebih penting )karena rasulullah Saw. Tetap melkukan salat hari raya
selama ia masih hidup.
Salat
hari raya itu dua rakaat ,waktunya sesudah terbit sampai terbenam matahari ,
Rukun, Syarat dan sunatnya samadengan salat yang lain
Tempat salat hari raya
Tempat
yanglebih baik adalah di tanah lapang, kecuali kalau ada halangan seperti hujan
dan sebagainya . pada salat hari raya tidak di syriatkan untuk azan dan tidak
pula iqmah.
Sunah salat hari raya
1. Disunahkan
berjamaah
2. Takbir
tujuh kali sedangka membaca do’a iftitah dan sebelumnyamembaca a’uzu pada rakaat pertama ,dan pada
rakaat kedua lima kali takbir sebelum membaca Alfatiha selain dari takbir itu
sendiri.
3. Mengangkat
kedua tangan setinggih bahu pada tiap-tiap takbir.
4. Membaca
tasbih diantara beberapa takbir
5. Membaca
surah Qaf sesudah Fatihah pada rakaat pertama
6. Menayaringkan
bacaan kecuali makmum
7. Khutbah
dua kali sesudah salat seperti khutbah jum’at
8. Khutbah
pertama hendaklah dimulai dengan takbir Sembilan kali. sebagian ulama
mengatakan bahwa khutbah hari raya tidak dimulai dengan takbir seperti itu .
hanya, semua khutbah – baik khutbah Idatupun lainnya –hendak dimulai dengan puji-pujian .
9. Dalam
khutbah Hari Raya Fitri itu hendaklah dilkukan penerangan tentang Zakat Fitrah,
dan pada Hari Raya Haji diadakan penerangan tentang hukm-hukum kurban
10. Pada
hari raya disunah kan mandi dan berhias memakai pakaiyan yang baik-baik.
11. Disunah
kan memakan sebelum pergi salat apda Hari Ray Fitri sedangkan pada Hari Raya
Haji disunahkan tidak makan kecuali sudah salat
12. Ketika
pergi salat hendaklah melalui satu jalan ,dan kembali melalui satu jalan yang
lain
13. Pada
dua hari raya disunah kan takbir diluar
salat .Waktu salat Hari Raya Fitri mulai dari terbenam matahari pada malam hari
raya sampai imam mulai salat. Takbir ini disunahkan disegala tempat baik di
mesjib ,dilanggar, dirumah, pasar dsb.Takbir ini oleh alih fikih dinamakan takbir mutlak.
Salat
hari raya tanggal dua syawal.
Sebagaimana telah
diterangkan, waktu salat hari raya itu adalah tanggal satu bulan syawal, mulai
dari terbit matahar sampai tergelincirnya .Akan tetapi, jika sesudah
tergelincir matahari sudah diketahui bahwa hari raya itu tanggal satu
syawal jadi waktu salat sudah habis ,maka hendaklah salat pada
hari raya kedua.
2.
Salat
gerhana Bulan dan Matahari
Sewaktu Ibrahim putra
Rasulullah dari Maria Alqibtiyah meninggal terjadi gerhana matahari. Maka
orang-orang berkata “Gerhana matahari terjadi karena matinya Ibrahim”
Rasulullah Saw menjawab perkataan yang demikian, agar jangan mereka salah paham.
Hokum salat gerhana
adalah “sunah istimewa”boleh berjamaah boleh tidak. Caranya:
a.
Sekurang-kurangnya dua rakaat sebagai
salat sunah yang lainnya
b.
Hendaklah tabir dengn niatsalat gerhana,
membaca Fatiha, ruku berdiri kembali \, dan membaca Fatihah; kemudian ruku
sekali lagi I’tidal, lalu sujub dua kali. Ini terhitung satu rakaat. Kemudian
hendaklah diteruskan satu rakaat lagi seperti rakaat pertama juga, jadi salat gerhana ini dua rakaat dengan
empat kali ruku empat kali berdiri membaca Al-Fatiha,dan empat kali sujub.
c.
Cara yang ketiga adalah seperti yang
kedua, hanya berdirinya agak lama dengan membaca surat yang panjang, dan
rukunya lama pula. Bacaan salat gerhana ialah dengan bacaan nyaringbaik gerhana
bulan ataupun gerhana matahari; karena
Rasulullah Saw sewaktu salat gerhana beliau mengeraskan bacaan salat gerhana
bulan dikeraskan karena terjadi diwaktu malam hari tetapi bacaan salat gerhana
matahari tidak dikeraskan karena itu
terjadi pada siang hari. Sesudah salat gerhana disunah kan berkhutbah member
nasehat kepada umum tentang apa-apa yang menjadi kepentingan pada waktu itu;
Menyuru mereka tobat dari segala perkerjaan yang aslah serta menyruh beramal
kebaikan seperti bersedekah ,berdo’a dan meminta ampun dari segala dosa.
3.
Salat
minta hujan
Meminta
hujan hukumnya sunah ketika ada hujan .caranya ada tiga :
a. Sekurang-kurangnya
berdoa saja, baik sendii-sendiri atau pun berjamaah
b. Berdo’a
didlam khutbah jam’at
c. Yang
lebih sempurnah hendaklah dengan salat dua rakaat.
Caranya:
Pergi beramai-ramai laki-laki maupun
perempuan, tua dan mudah orang dewasa dan anak-anak , orang yang lemah pun
diiktiarkan supaya ikut ke tanah lapang, hendaklah salah seorang yang pandai
diantara mereka member nasehat supaya mereka bertaubat dari segala kesalahan
dan berhenti dari kezaliman, serta beramal kemaikan ,karena perkerjaan yang
tidak baik itu merupakan penyebab hilangnya rizki dan penyebab kemurkaan Allah
sedangkan amalan kebaikan itukan amalan kebaikan itu menyababkan keridahan
Allah.
4.
Salat
sunah Rawatib
Salat sunah rawatib ialah salat
yang mengikuti salat fardu yang
lima.Dikerjakan sebelum mengerjakan salat fardu yang lima atau sesudahnya .
Sunat
Rawatib muakkad (penting)
1. Dua
rakaat sebelum subuh.
2. Dua
rakaat sebelum salat Lohur
3. Dua
rakaat sesudah salat Lohur
4. Dua
rakaat sebelum salat Magrib
5. Dua
rakaat sebelum salat Isya
Sunah
Rawatib tidak muakkad(kurang penting)
1. Dua
rakaat sebelum salat Lohur dan dua rakaat sesudahnya jadi salat sunah luhur
yaitu empat rakaat sebelumnya dan empat rakaat sesudahnya; dua rakaat penting,
sedangkan dua rakaat lagi kurang penting.
2. Empat
rakaat sebelum Asar .
3. Dua
rakaat sebelum Magib .
5. Salat sunah jum’at
Disunah kan salat dua
rakaat atau empat rakaat sesudah salat jum’at
6.
Salat
Tahyatul Mesjib
tahyatul mesjid ialah
salat menghormati mesjid. Ini disunahkan bagi orang yang masuk kesjid sebelum
duduk yaittu sebanya dua rakaat.
7.
Salat
tatkala akan berpergian
Orang yang akan
berpergian disunahkan salat dua rakaat takkala ia hendak keluar rumah ,Begitu
juga orang yang baru datang dari berpergian , disunahkan pula salat dua rakaat
ia sampai di rumahnya
8.
Salat
sunah wudu
Apabila selesai dari
9.
Salat
thajud
Salat Tahjub ialah
salat pada waktu malam, lebih baik dikerjakan sesudah larut malam, dan sesudah
tidur bilangan rakaatnya tidak ada batas.
10. Salat Duha
salat Duha ialah salat
dua rakaat atau lebih, sebanyak-banyaknya dua belas rakaat .Salat ini di
kerjakan ketika waktu duha, yaitu waktu matahari naik setinggi tombak-kira-kira
pukul 8 atau 9 sampai tergelincir matahari
11. Salat Witir
Salat Witir artinya
salat ganjil, sekurang kurangnya satu rakaat dan sebanyak-banyaknya sebelas
rakaat ;boleh member salam setiap dua rakaat dan yang terakhir boleh dilakukan
satu atau tiga rakaat .Kalau dikerjakan tiga
rakaat ,jangan membaca tasyahud awalmagar tidak sempurnah dengan salat magrib
.Waktunya yaitu sesudah mengerjakan salat isyah sampai fajar.
12. Salat Terawih
Salat Terawih ialah
salat malam pada bulan ramadhan, hokum nya sunah mu’akkad (penting bagi
laki-laki dan perempuan) boleh dikerjakan sendiri-sendiri dan boleh berjamaah.
Waktunya yaitu sesudah salat isya sampai
terbit fajar .
Jumlah
rakaat salat teraweh
Menurut riwayat ahli
hadis selama hidup Rasulullah Saw tiga kali salat terawih di mesjib
bersama-sama dengan orang banyak, yaitu pada malam tanggal 23, 25, dan 27 Ramadhan. Sesudah itu beliau tidak salat
Terawih berjamaah lagi karena beliau takut salat itu terjadikan wajib atau
mereka di kemudian hari. Jumlah rakaat yang beliau kerjakan bersama-sama dengan
orang-orang itu ialah delapan rakaat.
13. Salat Istikharah
Salat istikharah
artinya sal;at meminta petunjuk yang baik .Umpamanya seseorang akan mengerjakan
suatu perkerjaan yang penting, sedangkan ia masih ragu-ragu, apakah perkerjaan
itu baik untuk dia atau tidak. Ketika it disunahkan baginya salat istikharah
dua rakaat ,sesudah itu berdoa meminta petunjuk kepada Allah atas perkerjaannya
itu.
14. Salat sunah matlaq
Salat sunah mutlak
artinya salat sunah yang tidak ditentukan waktunya dan tidak ada sebabnya
,Jumlah rakaatnya oun tidak ada batas , berapa saja dua rakaat atau lebih
caranya sama salat sunah yang lain .
(saharudin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar